Kamis, 21 April 2016

Bagaimana Cara Mengirim Email di Gmail Lewat Hp Android

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android - Google memberikan banyak sekali manfaat bagi umat manusia saat ini, terutama dalam hal teknologi. Untuk bisa menikmati semua produk dan fasilitas dari Google, kita diwajibkan memiliki akun Gmail. Dengan memiliki, kita dapat menggunakan berbagai produk Google seperti Youtube, Google Plus, dan banyak lagi.

Gmail merupakan layanan penyedia email gratis yang memiliki pengguna terbanyak untuk saat ini, mengalahkan Yahoo dan Hotmail. Meningkatnya jumlah pengguna Gmail terjadi lantaran HP Android saat ini mengharuskan penggunanya untuk memiliki email tersebut. Seperti kita ketahui bersama, pengguna Android saat ini sudah tak terhitung berapa banyaknya.

Akan tetapi, pada kesemapatan kali ini saya tidak akan membahas tentang kelebihan Gmail dibanding penyedia email lain, tapi saya akan mencoba berbagi bagaimana cara mengirim email Gmail lewat Hp Android. Sekilas caranya sama dengan mengirim via Dekstop atau PC, tetapi banyak yang terkendala pada saat ingin melampirkan sebuah file. Nah bagi Anda yang kebetulan juga kebingungan, langsung saja simak infonya berikut ini.

Cara Mengirim Email Gmail Melalui Hp Android Terbaru


1. Langkah pertama pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail. Jika belum, silahkan baca cara membuat akun Gmail  yang sudah saya sampaikan sebelumnya.

2. Selanjutnya buka aplikasi Gmail Anda di Android masing-masing, Bagi Anda yang belum Sign In/Masuk silahkan lakukan dulu.

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android


3. Setelah masuk ke Gmail, pilih ikon pensil untuk menuliskan email baru.

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android


4. Kemudian akan muncul beberapa kolom yang harus Anda isi. Antara lain :

    ~ To : Isilah dengan alamat email se penerima.
    ~ Subject : Isilah dengan judul email Anda.
    ~ Compose email : Isilah dengan pesan yang hendak Anda sampaikan

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android


5. Sedangkan jika ingin melampirkan suatu file, caranya pilih menu pada hp Android Anda kemudian cari dan pilih file yang hendak dikirim. Anda bisa mengambil file dari Gallery, Google Drive, Dropbox, dan tempat lain. Agar lebih mudah, saya sarankan Anda instal aplikasi file manager.

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android



6. Setelah memilih file yang hendak dikirim, lanjutkan dengan memilih file Way pada bagian Pick up file as. Ulangi langkah seperti ini lebih dari satu kali apabila Anda melampirkan file lebih dari satu.

7. Tunggu hingga proses pelampiran selesai. Apabila semua sudah beres, tap ikon panah yang terletak di bagian pojok kanan atas untuk memulai proses pengiriman email.

Cara Mengirim Email Gmail Lewat Hp Android


8. Selesai. Bagaimana mudah kan?

Catatan : secara default Hp Android hanya bisa melampirkan file dalam bentuk gambar, video, foto, dan audio saja. Agar Hp Android Anda bisa melampirkan file berekstensi lain seperti dokumen, pdf, dan sebagainya saya sarankan untuk memasang aplikasi manager seperti misalnya as file explorer. Aplikasi tersebut akan membantu membaca dan melampirkan berbagai jenis file dengan mudah.

Ada banyak sekali keuntungan kenapa Anda harus mengirim email Gmail melalui HP. Pertama Anda tidak perlu membuka PC/komputer, kedua bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan ketiga caranya lebih praktis dibandingkan dengan mengirim via PC.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengirim email Gmail melalui Hp Android. Saya yakin Anda pasti bisa dengan mudah mengikuti tutorial diatas langkah demi langkah. Namun, apabila masih kurang jelas jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi Anda. salam !



Tags : cara mengirim email lewat gmail, cara mengirim email di gmail, cara mengirim email beserta lampiran, cara mengirim video lewat email gmail

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.